Seeking My Treasure

Apa sih arti “single” atau “jomblo” untukmu?

Sebagian besar “penyandang status” tersebut mungkin akan mengatakan jomblo itu menyakitkan, kesepian, atau penantian akut berkepanjangan. Tapi mungkin ada sebagian orang lain yang mengatakan bahwa jomblo itu anugerah dan kebebasan. Cara kita berpikir dan memaknai status kita sebagai single sangat berpengaruh kepada pola pikir, pola rasa, perilaku, bahkan gaya hidup. Bagi saya pribadi, single itu adalah anugerah dari Tuhan yang sangat berharga.  Mengapa? Karena dengan status saya sebagai single, saya bisa memiliki banyak waktu untuk “mengenal” lebih jauh siapa diri saya. Saya tidak memiliki batasan untuk berteman dengan siapapun, khususnya lawan jenis.  Saya memiliki banyak waktu dan tenaga yang difokuskan demi peningkatan kemampuan dan kepribadian agar menjadi lebih baik. Let’s talk about it deeper…

One is never a half!

Kita telah mengerti apa istilah “soulmate” atau belahan jiwa atau “my other half”. Hanya sayangnya  masih banyak di antara kita terjebak dengan istilah tersebut dan akhirnya beranggapan bahwa “menjadi manusia yang utuh” hanya bisa kita alami apabila telah menemukan sang “belahan jiwa”. Is it wrong? Mari kita baca Kitab Kejadian berikut:

“Ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.” (Kej 2:7).

Dalam kutipan Kitab Kejadian di atas, kita dapat mengetahui bahwa pada mulanya Tuhan menciptakan manusia seutuhnya dengan menghembusi nafas kehidupan-Nya sendiri. Manusia menjadi manusia yang hidup dan utuh, that’s it! Tidak kurang dan tidak lebih. Itu berarti sebagai individu kita telah utuh dengan atau tanpa seorang kekasih! Bahkan lebih jauh lagi kalo kita baca selanjutnya, sebelum Tuhan menciptakan Hawa sebagai pendamping Adam, Adam telah menjadi seorang individu yang mampu bekerja dan hidup sebagai manusia seutuhnya. Seorang single adalah seorang pribadi yang utuh, bukan setengah utuh.

Oleh RLY, anggota Domus Cordis dan peserta Basic Program 2016

0 views0 comments

Recent Posts

See All