Blogs
07/11/2017
  • Share this

Solange lahir pada abad ke sembilan dari keluarga miskin di kota Vilemont, Perancis. Dia mengambil kaul kemurnian untuk mempersembahkan keperawanan kepada Allah pada usia tujuh tahun. Solange dikenal memiliki karunia penyembuhan dan pengusiran roh jahat. Kecantikan dan kepopulerannya telah mempesonakan seorang anak bangsawan, bernama Bernard. Suatu hari saat Solange sedang menggembalakan ternak keluarga, Bernard mendekati dan berusaha melakukan pendekatan penuh nafsu terhadapnya. Meskipun Bernard  terus berupaya dengan cara berargumentasi namun Solange tetap menolaknya. Sejak itu putera bangsawan dari Poitiers tersebut mengambil keputusan untuk menculiknya.

Suatu malam Bernard datang lagi untuk mewujudkan rencananya. Solange diculik dan dinaikkan ke atas kudanya. Dalam perjalanan, Solange berjuang keras melepaskan diri. Akhirnya Solange terjatuh dari kuda saat Bernard berusaha menyeberangi sebuah sungai.  Hal itu membangkitkan kemarahan dalam diri Bernard. Dia langsung mengeluarkan pedang dan memenggal kepala Solange di tempat dia terjatuh. Legenda menceritakan bahwa Solange masih mampu bangkit dan berjalan dengan kepala di tangannya menuju Gereja Saint Martin untuk roboh dan mati di sana. Gereja itu sekarang  berganti nama menjadi Gereja Solange.

Santa Solange telah menginspirasi banyak orang muda untuk berpegang teguh pada keyakinan bahkan bila perlu sampai mati. Pestanya dirayakan dalam Gereja Katolik setiap tanggal 10 Mei.

Kontributor: Lucia Wahyuni, alumni Adorable Eve 2016

Editor: Lidwina Sisilia

Sumber:

  1. https://epicpew.com/saints-endured-sexual-abuse-patronage
  2. http://bit.ly/2hK6WRC

http://ntrda.me/2hMuN37